Jumat, 04 Mei 2018

SD 'Aisyiyah Malang Belajar Al-Qur'an di Petik Madu Lawang

Kali ini SD 'Aisyiyah jalan-jalan untuk melakukan pembelajaran Al-Qur'an Implementatif (PAI) ke petik madu di daerah Lawang-Malang. Pembelajaran ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 April 2018 yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru serta Kepala Sekolah SD 'Aisyiyah "Kamila" Malang. Kegiatan ini merupakan program SD 'Aisyiyah untuk mengimplementasikan Al-Qur'an Surat An-Nahl ayat 68-69 Yang berbunyi :

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ(68)
ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ(69)
Ayat tersebut mengajarkan kepada siswa bahwa di dalam Al-Qur'an juga diterangkan bahwa lebah membuat sarang dan menghasilkan minuman yang bermanfaat sebagai obat untuk manusia
Disamping jalan-jalan dan melihat-lihat, di petik madu siswa dan guru diberi penjelasan dari pihak wisata petik madu tentang bagaimana lebah membuat sarang, jenis-jenis lebah mulai dari lebah ratu sampai lebah pekerja. Juga dijelaskan bahwa lebahbmenghasilkan minuman yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.
Perjalanan dengan menggunakan 7 angkutan untuk siswa dan gurunya, 1 angkutan untuk wali siswa yang termasuk di dalamnya adalah anggota komite serta 1 mobil pribadi milik kepala sekolah ini memberikan bukti kebenaran isi Al-Qur'an surat An-Nahl ayah 68-69 kepada siswa dan walimurid serta guru dan kepala sekolah.
Diharap dengan adanya pembelajaran outing class ini siswa lebih mudah dalam menghafal dan memahami makna QS. An-Nahl ayat 68-69.
Kegiatan outing class ini dilanjut dengan renang di kolam renang Pemandian Kendedes. Dengan kegiatan ini anak-anak lebih senang dan semangat dalam menghafal Al-Qur'an dan lebih mudah dalam memahami Al-Qur'an dengan Metode Tahfidz Qur'an Tematik yg di prakarsai oleh Ustdh Lailatul Fithriyah, S.HI, M. Pd.
Bukti bahwa kegiatan ini sangat mendorong siswa untuk menghafal yakni sepanjang perjalanan berangkat dari sekolah ke wisata petik lebah dan perjalanan ke pemandian kendedes bahkan sampai perjalanan ke sekolah lagi, siswa melantunkan bunyi Qur'an Surat An-Nahl ayat 68-69 ini dengan bersahut-sahutan antara satu siswa dengan siswa lain tanpa disuruh oleh gurunya.
Demikian ulasan tentang pembelajaran SD 'Aisyiyah "Kamila" Malang tentang Belajar Al-Qur'an ke petik madu. (EF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar